Senin , September 23 2019
Home / Sabung Ayam / Ciri-Ciri fisik Ayam Bangkok Aduan

Ciri-Ciri fisik Ayam Bangkok Aduan

Ciri-Ciri fisik yang harus dimiliki Ayam Bangkok Aduan

Ayam Bangkok atau yang biasa disebut ayam jago memang salah satu ayam yang biasa dijadikan aduan. Ini karena badannya yang besar dan kekuatannya yang juga bagus. Meski semua ayam bangkok terlihat besar dan kuat tapi jika akan diadu tetap harus memperhatikan beberapa ciri-cirinya. Untuk ayam bangkok ada beberapa ciri yang pasti bagus untuk diadu atau pertandingkan. Seperti apa saja? Artikel ini akan membahas ciri fisik terbaik ayam bangkok untuk diadu.

yam bangkok aduan memiliki ciri yang lebih unggul dibandingkan ayam lainnya. Ciri fisik paling bagus dimiliki ayam bangkok istimewa. Fisiknya tersebut memang berpengaruh kepada kemampuannya dalam bertarung. Oleh karena hal itu dijadikan standar untuk memilih ayam petarung. Tak hanya fisik saja anda harus mengetahui juga ciri kaki ayam bangkok terbaik yang akan menjadi jawara dalam arena laga sabung ayam.

Beberapa ciri yang dimaksud adalah kepalanya memiliki model seperti buah pinang, bentuk paruhnya tebal dan panjang, lehernya tebal dan kurus, bahunya kuncup, badannya panjang, ekor menyentuh tanah dan lebat, dadanya bidang, sayapnya panjang dan rapat, pahanya pipih dan bulat, lututnya menekuk, jari halus dan panjang, serta kakinya kering, bulat dan bersisik rapi.

Namun ciri-ciri tersebut adalah yang khusus ayam bangkok istimewa dan bukan berarti ayam yang tidak memiliki semua itu bisa dibilang jelek. Ciri lainnya yang lebih umum bagi Ayam Bangkok petarung terbaik adalah sebagai berikut.

  • Bentuk Ekor
    Bentuk ekor dari ayam Bangkok yang bagus adalah yang kuncup. Dengan fisik seperti ini artinya ayam tersebut lebih lincah jika dibandingkan yang ekornya terbuka. Sedangkan yang tidak bagus adalah yang ekornya membentuk melengkung ke arah atas.
  • Jengger
    Ciri fisik terbaik ayam bangkok lain adalah jengger karena termasuk bagian tubuh ayam bangkok yang paling penting. Semakin besar jenggernya maka semakin kuat dan sulit dipatuk oleh ayam lawan. Selain itu, jengger yang halus dan lentur juga menandakan bahwa ayam tersebut pemberani bahkan sulit terluka apabila mendapatkan pukulan dari ayam lawan, dan tidak akan menyerah meski sudah luka dan berdarah sekali pun.Tipe jengger lain yang bagus adalah yang seperti blangkon karena menandakan mental, kekuatan, dan nyalinya luar biasa bagus. Sementara itu bentuk jengger ayam bangkok yang jelek itu bentuknya kecil dan letaknya di bagian belakang dengan bentuk tegak. Jika jenggernya kecil maka artinya ayam tersebut mudah sekali diambil lawan dan kurang berani . Sedangkan jika jenggernya tegak lurus dan ada di bagian belakang maka ayam tersebut mentalnya lumayan buruk.
  • Taji Ayam
    Dibandingkan bagian tubuh yang lain, taji bisa dikatakan senjata yang paling ampuh. Taji terbaik adalah yang letaknya dekat dengan bagian pangkal tumit atau di bawah.

Selain ciri fisik yang bisa langsung dilihat masih ada ciri lainnya yang mengindikasikan bahwa ayam Bangkok tersebut bagus dan cocok dijadikan petarung, yaitu dari bentuk tulangnya. Beberapa ciri tulang ayam Bangkok yang bagus adalah tulang sambungan leher dan kepala tidak menonjol, ruas tulang leher rapat, tulang sayap tebal, tulang dada lebar, tulang sayap tebal, dan lain sebagainya.

Bagi Sob pencinta sabung ayam, nah itulah ciri-ciri yang harus dimiliki  ayam bangkok agar bisa mengikuti laga sabung ayam. Semoga informasih dari artikel ini bisa bermanfaat bagi Sob.

About Lusiana Liu

Saya adalah seorang penulis artikel yang sangat menggemari permainan taruhan.

Check Also

ayam-petarung

Jenis-Jenis Ayam Sabung Bangkok Di Dunia

Jenis-Jenis Ayam Sabung Bangkok Permainan sabung ayam sudah menjadi tradisi di seluruh pulau Indonesia, dikarenakan …