Senin , Juni 17 2019
Home / Sabung Ayam / Sejarah Ayam Bangkok

Sejarah Ayam Bangkok

Asal-Usul Ayam Bangkok

Tak heran banyak sekali orang yang ingin mencoba memeliharanya karena bentuknya yang sangat bagus. Ayam bangkok termasuk ke dalam jenis ayam yang cukup populer di kalangan pecinta ayam di Indonesia.

Bentuk serta ciri fisiknya dipercaya mampu menggambarkan kualitas ayam bangkok. Meskipun hal itu tidak menjamin 100% benar, namun hal itu selalu menjadi patokan untuk memilih ayam bangkok yang bagus. Oleh karena itu, banyak orang-orang yang akan membeli ayam bangkok terlebih dahulu selalu melihat bentuk dan fisiknya.

Sejarah Ayam Bangkok

Apa yang terlintas dibenak kalian setelah mendengar ayam Bangkok? Jenis ayam yang satu ini kerap dikaitkan dengan kegiatan sabung ayam. Sejarah ayam Bangkok dimulai pada tahun 1400 SM. Pada saat itu, kegiatan adu ayam atau sabung ayam sangat digemari di Negeri tiongkok.

Seiring berjalannya waktu, kegiatan adu ayam semakin digemari dan meluas ke beberapa negara lain. Orang – orang penghobi kegiatan ini kemudian berusaha untuk mencari bibit-bibit petarung yang andal. Bangsa Tiongkok kemudian mengawinsilangkan ayam kampung dengan beragam jenis ayam jago dari India, Vietnam, Myanmar, Thailand dan Laos. Mereka berusaha untuk mendapat ayam yang sanggup mengalahkan lawan dengan hanya satu kali tendangan.

Berdasarkan catatan sejarah pada satu abad yang lalu, para penggila ayam di Thailand menemukan jagoan baru yang disebut king’s chicken atau Raja Ayam. Jenis ayam satu ini punya pukulan yang mematikan, gerakan cepat dan memiliki insting bertarung yang baik. Kemudian, para penyabung ayam dari Tiongkok menyebut ayam ini dengan sebutan leung hang qhao atau Ayam Bangkok.

Raja Ayam dari Thailand itu kemudian sukses menumbangkan hampir semua ayam domestik di Cina. Tertarik dengan ayam yang handal tersebut, kemudian orang-orang di Tiongkok mulai untuk menjelajahi hutan hanya untuk mencari ayam asli yang akan disilangkan dengan ayam bangkok. Harapannya, ayam persilangan tersebut dapat mengalahkan jago asal Thailand.

Alkisah, pada tahun 60an di Laos ada jenis ayam aduan baru yang sanggup menyaingi kehebatan ayam Bangkok dari Thailand. Akan tetapi, setelah terjadi kawin silang yang terus-menerus maka nyaris tak diketahui lagi perbedaan antara ayam aduan dari Laos dengan ayam bangkok dari Thailand.

Di Laos dan Thailand,ada beberapa nama penyabung ayam terkenal seperti Xiong Cha Is, Vaj Kub dan kolonel Ly Xab. Di tahun 1975, VajKub dengan ayam bangkoknya sempat merajai arena adu ayam Nampang yang bergensi di Thailand. Vaj Kub adalah seorang yang bertangan dingin dalam melatih dan mencari bibit ayam aduan yang handal.

Negeri Thailand memang tak perlu diragukan lagi sebagai negara penghasil ayam bangkok unggulan. Sektor ini sudah diakui sebagai penambah devisa negeri Thailand. Bisnis ayam aduan ini kemudian merambah kawasan Asia Tenggara, Meksiko, Inggris dan Amerika Serikat.

Hobi mengadu ayam sudah lama dikenal di Indonesia. Salah satunya berada pada catatan sejarah dan cerita di zaman Kerajaan Majapahit. Terdapat juga beberapa cerita rakyat yang melegenda soal adu ayam ini, seperti cerita Kamandaka,Ciung Wanara, dan Cindelaras. Adapun cerita rakyat tersebut berkaitan erat dengan kisah sejarah dan petuah yang disampaikan secara turun-temurun.

Perlu diketahui ada kebiasaan yang berbeda antara sabung ayam di Negara Thailand dan Indonesia. Di Thailand, ayam yang bertarung tidak diperbolehkan memakai taji atau jalu dalam pertandingan. Sehingga ayam yang diadu jarang ada yang berakibat kematian. Namun di Indonesia, ayam aduan malah justru dibekali taji yang tajam. Seringkali pertarungan ayam berakibat pada kematian.

Awal mula masuknya ayam Bangkok di Indonesia berawal dari kota Tuban, Jawa Timur. Kota ini dikenal sebagai kota yang berperan dalam perkembangan ayam aduan. Di kota inilah ayam Bangkok pertama kali diperkenalkan.

Sebenarnya, jenis ayam aduan yang berasal dari dalam negeri tidak kalah beragam, seperti ayam wareng dari Madura dan ayam kinantan dari Sumatra. Namun ayam-ayam itu masih belum mampu untuk menyaingi kehebatan dan kedigdayaan ayam bangkok.

About Lusiana Liu

Saya adalah seorang penulis artikel yang sangat menggemari permainan taruhan.

Check Also

Cara Bertarung Ayam Jago

Cara Bertarung Ayam Jago Diantara binatang lain,ayam mempunya ciri khas dalam pertarungan. ketika dua ayam …